Banyak yang tak tahu tentang keberadaan dan bahaya badai matahari di tahun 2012 atau 2013. Banyak mitos menyebut bumi akan mengalami bencana bahkan ada yang mengatakan kiamat akan terjadi di tahun itu.

Heboh isu kiamat tahun 2012 tak bisa dilepaskan dari mitos sistem penanggalan suku maya yang berakhir di tahun 2012. Banyak yang percaya akhir penanggalan suku maya memiliki arti berakhirnya usia dunia. Suku maya sendiri sudah punah sejak seribu tahun yang lalu. Suku yang tinggal di semenanjung Yukatan Amerika Tengah ini sudah lama dikenal sebagai suku yang memiliki ilmu perbintangan yang cukup maju. Namun sejumlah keturunan masyarakat suku maya meminta masyarakat dunia tenang. Akhir penanggalan di tahun 2012 tidak berarti kiamat akan terjadi. Bisa jadi ini berarti dimulainya lagi sistem penanggalan baru. Suku maya sendiri sebenarnya punya prediksi tentang kekacauan alam semesta di akhir tahun 2012. Pada tanggal 21 desember 2012 jam 11 malam suku maya mempresiksi rotasi bumi akan terganggu yang mengakibatkan sistem alam raya juga terganggu. Namun tidak duiketahui pasti apakah kekacauan alam semesta yang terjadi saat itu akan menimbulkan kiamat. Dari sisi pengamatan astronomi modern hingga kini tak ada tanda yang menunjukkan pada tahun 2012 akan terjadi peristiwa besar yang akan menghancurkan alam semesta. Termasuk isu akan adanya planet yang bernama planet nibiru yang akan menabrak bumi saat itu.

Tidak ada data-data astronomi yang mengatakan ada komet yang besar akan menumbuk. Tidak ada planet yang disebut sebagai planet nibiru. Tidak ada juga konfigurasi planet atau konfigurasi tata surya dengan inti galaksi yang mungkin akan menimbulkan kerusakan bumi.


Dalam sekejap bumi memang pernah mengalami benturan besar dengan benda luar angkasa, tak hanya sekali namun berkali-kali. Yang paling besar terjadi saat komet engke menubruk bumi di kawasan Siberia pada tahun 1908. Akibat benturan besar ini wilayah hutan sebesar provinsi jawa barat mengalami kerusakan parah. Tumbukan lain yang sangat besar juga terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu di semenanjung Yukatan Meksiko. Tumbukan dahsyat ini mengakibatkan hewan besar dinosaurus mengalami kepunahan. Meski tumbukan besar pernah terjadi, namun dalam waktu 2 hingga 3 tahun kedepan belum ada tanda objek luar angkasa akan kembali menabrak permukaan bumi.

Dalam islam kedatangan hari kiamat akan diiringi sejumlah tanda-tanda alam seperti sering terjadi gempa bumi hingga kemunculan bintang berekor. Ketika makin dekat kiamat makin jelas yakni matahari tak lagi terbit dari arah timur tetapi dari arah barat.

Di dalam berbagai kitab-kitab para ulama diambil dari berbagai hadist sahih Nabi Muhammad SAW tanda kiamat itu dalam ajaran islam ini ada dua; tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar. Tanda-tanda kecil itu jumlahnya banyak sekali dan datang lebih dahulu, sedangkan tanda-tanda besar itu ada sepuluh, datang belakangan. Kalau berdasarkan tanda-tanda besar yang sepuluh itu tidak ada satupun yang menyebutkan soal badai matahari. Begitu juga kalau kita lihat tanda-tanda kecil. Sejauh ini tidak pernah menemukan satu hadist yang mengisyaratkan soal badai matahari sebagai salah satu tanda menjelang datangnya kiamat.

Yang kini tampak jelas menimbulkjan bahaya adalah badai matahari. Dunia modern telah membuat manusia tergantung pada benda elektronik dan berbagai mesin. Segala aktivitas manusia yang menggunakan mesin dan listrik bisa lancar. Andapun harus siap hidup seperti manusia jaman dahulu yang melakukan segala sesuatu secara mandiri dan tradisional. Inilah kemungkinan kiamat kecil yang lebih mungkin terjadi di tahun 2012 atau 2013. Meski demikian, bencana ini bisa dihindari bila dunia sudah lebih dulu bersiap dari sekarang.

Fenomena dan bencana alam makin lama makin mengarah ke satu peristiwa kiamat. Jelang waktu itu sebagaimana manusia kita hanya bisa berusaha menjadi orang yang baik dan tidak menjadi orang yang merugi saat kiamat tiba.

Semoga bermanfaat…🙂