Mungin ada yang sudah tahu tentang QR Code. Dan ada pula yang belum mengenal apa itu QR Code. Penggunaan QR code di Jepang sudah tidak asing lagi. Karena menggunakan Qrcode lebih cepat mendapatkan informasi. QRcode dapat menampung informasi secara vertikal maupun horisontal, sehingga dapat menampung lebijh banyak informasi, daripada Barcode.

Seperti yang ada di sidebar blog saya ini ada gambar QRcode, agar bisa terbaca, downbload aplikasi readernya di link ini http://reader.kaywa.com/en download aplikasinya, pilih sesuai type ponsel anda.

Keunggulannya:

  1. Bebas Paten, setiap orang bisa menggunakan dan menyebarluaskan
  2. Kapasitas data: 7,089 (Angka) 4,296 (Huruf) 2,953 (Biner 8 bits) 1,817 (Kanji)
  3. Standarisasi yang diakui: AIM (Automatic Identification Manufacturers) International, JIS (Japan Industrial Standard), ISO
  4. Mempunyai koreksi kesalahan.
    Data bisa dipulihkan jika simbol QR Code kabur atau rusak sebagian
  5. Derajat pembacaan yang lebih fleksibel.
    Hal ini bisa dicapai karena QR Code memiliki 3 pola deteksi posisi di sudut simbol sehingga menjamin kecepatan dan keakuratan penerjemahan.
  6. Bisa dibagi untuk efisiensi tempat
    Satu buah QR Code bisa dibagi menjadi 16 simbol (maksimal) QR Code . Hal ini memungkinkan untuk menempatkannya di tempat sempit. 16 simbol tersebut dapat “disatukan” menjadi 1 simbol dengan informasi penuh.

Source: wikipedia