Sebenarnya ini bukan murni “nilai” yang diakibatkan oleh Google kala memajang logo Pac-man. Hanya saja, ada akibat yang harus dibayarkan karena kebiasaan yang berbeda hari itu.

Coba, siapa yang lebih suka ke Google dan menghabiskan waktu berlama-lama disana? Jarang? karena paling hanya “numpang” lewat saat hasil pencarian didapatkan. Atau juga, karena malas mengetikkan http://www.indosatm2.com/ maka akan lebih cepat bila cukup mengetik im2 di google. Intinya, jarang yang mau berlama-lama betah di laman Google.

RescueTimeBlog mencatat, kebiasaan netter hanya rela menghabiskan waktu 11 detik saat berkunjung ke Google. Dengan adanya logo Pac-man, hari Jumat itu durasi waktunya bertambah, menjadi 36 detik! Bisa jadi ada kemungkinan netter kemudian asyik untuk mencoba bermain Pac-man, atau ada juga yang kemudian bengong karena menemukan tombol “Insert Coin” sebagai pengganti “I’m Feeling Lucky!”.

Jadi, sambil mengamati angka-angka ini mari berandai-andai, karena jarang Google memiliki kunjungan lebih lama. Data dari WolframAlpha adalah :

– Google Pac-man telah menghabiskan netter waktu 4.819.352 jam (4 juta jam lebih!).

– Jika pengguna Google rata-rata membayar biaya perjamnya $25, maka total menjadi $120.483.800 (setara Rp. 1,1 triliun!), dengan uang sebanyak itu, maka kita bisa menyewa semua pegawai Google sebanyak 19.835, termasuk pendiri Google sampai tukang bersih-bersih selama 6 minggu beruntun!

Luar biasa ternyata ya hanya dari Logo Pac-man.

semoga bermanfaat…