Tahun ini kelas MotoGP memiliki 17 pembalap di starting gridnya. Setiap pembalap yang berada di kelas ini rata rata merupakan pembalap yang pernah menjadi juara dunia. Jadi bisa dibilang pertandingan di MotoGP merupakan pertandingan puncak kelas para Juara Dunia Balap. Setiap pembalap juga memiliki nomor star yang biasanya menjadi kebanggaan dirinya, para fans dan juga sebagai nomor keberuntungan di setiap race. Oke langsung saja ini dia kenapa para pembalap memakai nomor tersebut. Dimulai dari nomor yang paling besar:

#99 JORGE LORENZO

Jorge Lorenzo lahir di Palma de Mallorca, 4 mei 1987. Jorge bergabung dengan tim Yamaha untuk musim 2008 sebagai pemegang mahkota juara dunia 250cc sebanyak dua kali bersama tim aprilia. Lorenzo lahir di pulau Balearic Mallorca, Spanyol 4 Mei 1987. Dia mulai membalap pada umur 3 tahun lebih, ia sudah mengikuti perlombaan minicros roda dua. Pada tahun 1995 pada saat berumur 8 tahun, dia memenangkan kejuaraan Balearic. Dia juga mengikuti island’s minicross minimoto trial dan juga kejuaraan motocross yunior. Pada umur 11 tahun Lorenzo memenangi kejuaraan piala Aprilia 50cc (1998). Pada tahun 2000 meskipun masih terlalu muda dia mendapat dispensasi khusus yang mengijinkan dia mengikuti perlombaan di 125cc yang digelar di Spanyol. Jorge membuat sejarah dengan umurnya yang masih muda sudah bersaing di level kejuaraan Eropa dan menjadi pembalap termuda yang memenangi kejuaraan Eropa 125cc.
Debut pertama Lorenzo dilakukannya di GP Jerez Spanyol 2002 bersama tim Derby 125cc. Lorenzo pertama kali memenangi GP 125cc di Rio De Janerio. Tiga tahun melakoni karir di motor kelas 125cc itu, prestasi terbaik Lorenzo hanyalah menempati peringkat empat dunia pada tahun 2004.
Pada tahun 2005 Lorenzo naik kelas ke nomor 250 cc bersama tim Aprilia. Tahun 2006 Lorenzo menjadi juara dunia motogp 250cc untuk pertama kalinya, dengan 8 kali kemenangan dan 10 kali pole. Tahun 2007 ia mencetak 9 kali pole positions dan kembali menjadi juara dunia yang kedua kalinya. Lorenzo adalah pembalap Spanyol tersukses di kelas 250 cc. Ia memenangi dua seri lebih banyak dibanding Dani Pedrosa dan Sito Pons. Lorenzo juga dikenal dengan gaya menyalipnya dari sisi luar trek sehingga mendapat julukan ‘X-Fuera’.
Nomor 99
99 merupakan racing number milik lorenzo..awalnya Lorenzo memakai nomor start 48. Namun setelah bertengkar dengan manajernya pada tahun 2008, dani amatriain, jorge meniggalkan nomor ini. Sebab 48 merupakan nomor yang diberikan oleh sang manejer. Lalu Jorge melakukan poling melalui blog dan fans club nya untuk menentukan nomor yang akan dipakai nya.
nomor tersebut adalah 23,99,87 dan 48 (kok masih ada no 48)
Melalui poling tersebut, dipilihlah nomor 99 karena banyak peminatnya.
Bagi jorge sendiri, nomor ini menjadi awal baru perjalanan karirnya terlepas dari sang manejer, Dani Amatriain.

#69 NICKY HAYDEN

Nicky Hayden yANg bernama asli Nicholas Patrick Hayden; lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat, 30 Agustus 1981; umur 28 tahun). Ia mulai pindah ke ajang MotoGP pada tahun 2003, setelah sebelumnya menjuarai AMA Superbike (American Motorsport Associaation Superbike) pada tahun 2002. Pada musim pertamanya di MotoGP, pembalap berjuluk “Kentucky kid” ini menjadi rekan satu tim Valentino Rossi di tim Repsol Honda. Pada musim MotoGP 2005 ia berpartner dengan Max Biaggi di tim Repsol Honda dan prestasinya meningkat menjadi di posisi 3 klasemen akhir. Musim 2006 ia berduet dengan pendatang baru Daniel Pedrosa, masih dalam tim Repsol Honda. Pada musim balap 2006 ini ia berhasil merebut gelar juara dunia dari juara dunia lima kali, Valentino Rossi. Meskipun dengan jumlah juara seri lebih sedikit dari Rossi. Sekarang Hayden berada dalam tim Ducati Marlboro bersama Casey Stoner.
Angka 69 bagi hayden adalah nomor start yang dipakai bapaknya, Earl Hayden ketika membapal di Dirt Track. Hal itu karena bila motor yg dipakai loncat terbali atau memutar di udara, nomor yang tertera akan tetap 69. Namun bagi Hayden nomor itu berarti lain. 69 merupakan kehidupan yang terkadang kita diatas (sukses) atau dibawah.

#46 VALENTINO ROSSI

Tak perlu dikenalkan lagi. Rossi merupakan Raja MotoGP. walaupun masih ada prestasinya yang masih kalah dari Giacomo Agostini. Valentino Rossi (lahir di Urbino, Italia, 16 Februari 1979; umur 31 tahun) adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia setelah era Michael Doohan, dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarir. Ia adalah salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa, dengan 9 gelar Juara Dunia. Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di dunia, ia diperkirakan digaji $34 juta pada 2007. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi ini memegang banyak rekor dan prestasi. Total pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas puncak, 500cc dan MotoGP
Nomor 46 bagi Rossi :
Dalam karirnya sepanjang GP Rossi selalu memakai nomor 46, ia memakai nomor itu setelah menonton aksi seorang pembalap wildcard Jepang bernomor 46 di TV yang membuatnya terkesan. Apalagi nomor itu juga dipakai oleh Graziano Rossi, papanya ketika memenangkan lomba pertama dengan Morbidelli tahun 1979. Saat ini ia tetap memakai nomor 46 kebanggaanya itu dan tidak mengikuti juara dunia-juara dunia sebelumnya yang memilih berganti nomor 1 setelah mendapatkan titel juara dunia.
Nomor ini juga tidak akan tergantikan oleh siapapun selamanya di MotoGP.
Karena nomor ini telah ditetapkan sebagai nomor Rossi selamanya..

#41 ALEX ESPARGARO
merupakan pembalap kelahiran spanyol yang beruntung bisa bermain di MotoGP. Hal ini dikarenakan Espargaro yang tadinya merupakan pembalab 250cc yang timnya mundur akibat sponsor berhasil membuat tim Pramac Racing MotoGP tertarik atas hasil balapnya di MotoGP 2009 saat menggantikan Mika Kalio yang sedang menggantikan Casey Stoner di Ducati Marlboro.
Nomor 41 bagi Espargaro merupakan nomor yang merupakan inisial dari UI, pembalab jepang favoritnya yaitu Youichi Ui. Youichi juga memakai nomor 41 saat bermain di kelas 125cc tahun 1995.

#40 HECTOR BARBERA
Tempat/tgl lahir : Valencia/ 2 november 1986
Debut GP : 2002 ( 125cc GP jepang )
Hector barbera yg merupakan pembalap kelas 250 cc ini baru saja bergabung ke MotoGP dengan tim Páginas Amarillas yang bermesin Ducati. Hector Barbera memakai nomor 40 karena sponsor lama Hecor barbera sebuah stasiun radio di spanyol yang bernama Los 40 Principales. Angka 40 inilah yg dipakai Hector sebagai nomor startnya.

#33 MARCO MELANDRI

Marco Melandri lahir di Raveena, Italia 7 Agustus 1982. Ia meraih juara dunia GP 250cc pada musim 2002. Di musim 2004 ia masih bergabung bersama tim sebelumnya yang berganti nama menjadi Fortuna Gauloises Yamaha Tech. Pada musim 2005 ia memutuskan pindah ke tim Telefonica Movistar Honda Gresini, yang dimanajeri Fausto Gresini. Menunggang Honda RC211V prestasinya meningkat drastis dan sering bertarung dengan para pembalap di gerombolan depan. Setelah itu, ia pindah ke Ducati. Namun Melandri meraih hasil terburuk dalam karir balapnya. Oleh sebab itu Melandri keluar dan pindah ke Kawasaki. Belum sampai situ saja cobaan Melandri, Kawasaki sempat memutuskan mundur dan membuat melandri stress, namun akhirnya kwasaki memberinya satu tim yg berkerja sama dengan DORNA dengan mesin motor 2008. Setelah itu Melandri sekarang kembali lagi bersama tim lama nya San Carlo Honda Gresini.
Kenapa melandri memilih nomor 33 ? simpel saja, bila nomor ini bila diputar ke kiri akan menjadi tulisan MM. MM berarti Marco Melandri.

#27 CASEY STONER

Casey Stoner (lahir di Kurri-Kurri, New South Wales, Australia, 16 Oktober 1985; umur 24 tahun) adalah seorang pembalap Moto GP. Ia memulai debut balap GP motor sebagai pembalap wild card di sirkuit Donington Park, GP Inggris kelas 125cc pada tahun 2001. Musim 2007 Stoner direkrut oleh Ducati Marlboro Team untuk menggantikan Sete Gibernau yang pensiun di akhir 2006. Bersama Ducati, ia menjadi juara di Grand Prix Qatar, Turki, Shanghai, Catalunya, Donington, Brno, Laguna Seca, Sepang, Philip Island. Memimpin klasemen Juara Dunia dengan nilai 367, dengan Valentino Rossi di tempat ketiga dan di tempat kedua yaitu Dani Pedrosa. Casey memiliki alasan yang sama dengan pedrosa dalam pemakaian nomor balap nya. Nomor 27 yang menjadi trademark stoner didapat saat memulai balapan di tim Alberto Puig.

#26 DANI PEDROSA

Dani Pedrosa (lahir di Sabadell, Spanyol, 29 September 1985; umur 24 tahun). Ia mulai debut balap grandprix motor pada tahun 2001 di kelas GP 125 cc bersama tim Telefonica movistar Honda JR, dan meraih posisi ke 8 klasemen akhir. Tahun 2002 ia membalap di tim yang sama dan meraih juara 3 dunia GP 125 cc.Di tahun 2004 ia pindah ke kelas 250 cc dan bergabung dengan tim telefonica movistar Honda 250, dan langsung merebut juara dunia GP 250cc. Tahun 2005 ia kembali mendominasi balapan dan mempertahankan gelar juara dunia GP 250 cc. Di musim balap 2006 ia pindah ke kelas MotoGP dan membalap untuk tim Repsol Honda hingga sekarang.
Dani selama ini memang dikenal memakai nomor 26 sebagai racing numbernya. namun dalam beberapa tahun lalu. dia memakai nomor 2 dan 3. pemakaian nomor 2 itu dikarenakan ia berhasil menjadi runner up pada tahun 2007. sedangkan nomor 3 dipakai karena berada pada posisi klasemen 3 pada tahun 2008.
Namun walau pun berada di posisi 3 pada klasemen 2009. Dani tidak memakai nomor 3.. krena selama ini fans ny lebih mengenalnya dengan nomor 26. Nomor 26 ini didapat karena dia mendapatkannya dari konselornya pada tahun 2001 (Alberto Puig)

#14 RANDY DE PUNIET

Randy De Puniet (lahir di Maisons Laffitte, Perancis, 14 Februari 1981; umur 29 tahun) . Debut balap GP Motor ia jalani di kelas 125cc di sirkuit Le Mans, GP Prancis sebagai pembalap wild card pada tahun 1998. Sekarang Randy menjadi pembalap dari tim LCR honda MotoGP. tim ini terkenal tentunya dengan salah satu sponsornya yaitu Playboy.
Mengenai alasan pemakaian nomor 14 pada motornya kurang ada penjelasan yang sempurna, namun katanya. Randy sebenarnya menginginkan nomor 7. Tapi pada saat ia ingin memulai debutnya. carlos checa masih menggunakan nomor tersebut. Maka randy memeakai nomor 14 dengan alasan dia adalah pembalab nomor 7 ke 2 ( 7 x 2 = 14 ).

#11 BEN SPIES

Ben Spies (lahir di Germantown, Tennessee, AS, 11 Juli 1984; umur 25 tahun) adalah seorang pembalap sepeda motor professional asal Amerika Serikat. Ia merupakan juara dunia WSBK musim 2009 bersama tim Yamaha Italia Racing Team. Mulai musim 2010 ia pindah ke ajang MotoGP dengan bergabung bersama tim Yamaha Tech 3 menggantikan posisi James Toseland.
kenapa spies memakai nomor 11 sebagai start number ny ? bukan 19 seperti yang dia pakai dalam memenangkan juara dunia WSBK 2009?
ternyata ada beberapa hal menarik yang menyebabkan spies memakai nomor 11.
1. karena nomor 19 sudah dipakai Alvaro Bautista sebagai start number nya
2. karena nomor 11 merupakan nomor yang dipakai spies saat berada di AMA Superbike dan berhasil menjadi juara umum sebanyak 3 kali
3. Spies memilih nomor 11 karena fakta ini : ” Ben Spies lahir bulan juli 1984 pada tanggal 11.di tahun k-1 ny di wsbk, spies langsung menjadi yang nomor 1 dan meraih 11 kali poleposition. Spies juga menjadi orang ke 1 yang menjadi penempat klasemen nomor 1 dari yamaha “

#7HIROSHI AOYAMA
tempat/tanggal lahir : Chiba (jepang), 25 oktober 1981
kebangsaan : jepang
nomor :7
team : interwetten Honda
Aoyama merupakan juara dunia MotoGP kelas 250cc yang terakhir tahun 2009, sebab kelas 250cc sekarang sudah digantikan kelas 600cc atau yang disebut Moto2. kenapa Aoyama memakai nomor star 7? dan bukan memakai nomor 4 seperti nomor disaat dia menjadi juara dunia 250cc? tenyata selain nomor 4 sudah dipakai oleh Dovizioso, alasan pemakaian nomor 7 karena aoyama terinspirasi dari pembalap daijiro kato yang memakai nomor 74 sebelum meninggal dalam balapan MotoGP. Karena sebelumnya sudah memakai nomor 4, maka Aoyama memilih nomor 7 untuk start numbernya.

#5 COLIN EDWARDS

Nama: Colin Edwards
Nomor: 5
Kebangsaan: America Serikat
Tempat lahir: Houston, Texas,USA
Tanggal lahir: 27 februari 1974
Team: Tech 3 Yamaha
Tempat tinggal: Conroe,Texas, USA
mengapa pembalab Mantan Juara WSBK ini memakai nomor 5?
ternyata Edwards memakai nomor ini karena berharap mengulang sejarahnya di WSBK. Saat Edwards masih berlaga pada tahun 1998 di WSBK, Colin Edwards memakai nomor 45 dan di akhir musim dia berada di posisi 5 klasemen. Lalu di tahun selanjutnya, Edwards memakai nomor 5 dan berada di posisi runner up (2), dan setelah memilih angka 2 sebagai nomor start pada tahun 2000, edwards berhasil menjadi Juara Dunia WorldSuperBiKe. Begitu juga pada saat Edwards berlaga dengan nomor start 45 di MotoGp pada tahun 2003, dia meraih posisi 5 klasemen.. Sehingga sekarang Edwards memakai nomor 5 untuk mengulang sejarah masa lalunya.

#4 ANDREA DOVIZIOSO

Andrea Dovizioso lahir di Forli, Italia pada 23 Maret 1986. Pembalap Repsol Honda team ini adalah juara dunia kelas 125cc pada tahun 2004. Pembalap yang baru 2 tahun di tim pabrikan Honda ini tidak terlalu ambil pusing soal nomor motor nya. Dia mengambil nomor 4 karena nomor tersebut merupakan sanjungan kepada pmbalap pujaannya, yaitu kevin schwantz. Yang memakai nomor 34. FYI : Dalam seri perdana Qatar kemarin Dovizioso yang biasanya tidak terlalu ngotot dalam balap, melakukan sebuah terobosan bagus… sehingga Dovi bisa finis urutan ke 3.

About these ads